Tips Merawat Treadmill Manual dan Elektrik

Treadmill adalah alat bantu olahraga yang populer karena dapat digunakan oleh semua kalangan, pro ataupun pemula.

Alat olahraga ini digunakan untuk olahraga harian, dengan kuantitas pemakaian yang tinggi, merawat treadmill dengan benar adalah suatu hal yang harus dilakukan.

Tidak peduli seberapa bagus treadmill yang Anda miliki, jika tidak merawatnya dengan baik, alat tersebut tidak akan berfungsi dengan baik dan tidak akan bertahan lama, demikian melansir Treadmill Review Guru.

Ada dua jenis treadmill yang sering digunakan, yakni treadmill manual dan elektrik. Berbeda jenis, maka berbeda pula cara perawatannya.

Berikut tips merawat treadmill manual dan elektrik melansir Verywellfit dan Fitness & Health Bandung.

Treadmill manual


Pada treadmill manual, gerakan kaki Anda terhadap geladak akan menggerakkan sabuk. Sabuk hanya bergerak jika Anda menggerakkannya.

Baik pelari dan pejalan kaki mengeluarkan lebih banyak tenaga pada sabuk melengkung treadmill manual daripada pada treadmill elektrik.

Ini memiliki manfaat kebugaran karena pengguna bisa mendapatkan detak jantung mereka ke zona yang lebih tinggi dengan kecepatan lebih rendah.

Tips perawatan

– Cek baterai digital, segera ganti apabila digital sudah redup.

– Cek karpet belt Treadmill agar selalu center di tengah.

– Lipat Treadmill apabila tidak digunakan.

– Berikan minyak silikon secara berkala 1 bulan sekali.

Treadmill elektrik

Pada treadmill elektrik, mesin akan mengatur sabuk dalam gerakan dan Anda mendapatkan bantuannya saat berjalan atau berlari.

Tenaga kuda yang dimiliki mesin merupakan salah satu faktor penentu kualitas mesin. Anda memerlukan mesin yang lebih besar untuk pengguna yang lebih berat dan untuk kecepatan yang lebih tinggi.

Tips perawatan

– Bersihkan Treadmill secara berkala setiap tanggal 15 tiap bulan.

– Kira-kira 1 bulan sekali, berikan minyak silikon 1-2 tetes di setiap sisi kanan dan kiri.

– Lipatlah treadmill apabila kondisi tidak dipakai untuk menghindari karpet dari tikus ataupun benda-benda tajam lainnya.

Cek karpet belt Treadmill Home Use berarus DC, pemakaian disarankan tidak lebih dari 1 jam (Sesuaikan dengan kapasitas motor).

Untuk yang tinggal di daerah sering mati lampu (naik turunya voltase, maka lebih baik diberikan travo).

 

sumber: https://tirto.id/tips-merawat-treadmill-manual-dan-elektrik-fMfa